SMPN 9 Tangsel Gelar Pensi Bertemakan Daur Ulang Sampah

oleh -
Penampilan paduan suara sejumlah pelajar SMPN 9 Kota Tangsel dengan menggunakan kostum rompi dari hasil daur ulang sampah plastik pada acara pentas seni (Pensi) menjadi 'Bintang Panggung Sehari', Kamis(30/3/2017)

Monitor, Tangsel- Guna memotivasi siswa dalam mendaur ulang sampah, SMPN 9 Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis(30/3/2017) menggelar kegiatan Pentas Seni (Pensi) bertemakan pengelolaan sampah 3R( Reuse, Reduce, Recycle).

Penampilan para pelajar diatas pentas menjadi ‘Bintang Panggung Sehari’ itu disesuaikan dengan tema tersebut, seperti kostum yang berasal dari pemanfaatan hasil daur ulang sampah bungkus kopi dan yang lainnya.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut para siswa juga mengadakan bazar berbagai produk kerajinan tangan yang dihasilkan dari daur ulang sampah plastik dan koran bekas, seperti tas dompet, bros, gantungan kunci dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Ketua pelaksana kegiatan Pensi SMPN 9 Tangsel, Betty Nurbaety, MM menjelaskan bahwa acara pentas seni yang digelar mengambil tema tentang pengelolaan daur ulang sampah 3R(Reuse, Reduce, Recycle)

Menurutnya, tema tentang pengelolaan sampah sangat penting sebagai pembelajaran kepada siswa sekaligus untuk memotivasi mereka agar bisa mendaur ulang sampah yang ada disekolah sehingga bisa memiliki nilai manfaat.

“Disini (SMPN 9 Tangsel) ada1040 siswa. Bisa dibayangkan sampah yang dihasilkan setiap harinya. Kami ingin anak-anak punya kepedulian terhadap pemanfaatan sampah,” kata Betty yang juga guru seni dan budaya itu.

Dalam pembuatan berbagai produk daur ulang tersebut, sambung Betty, para siswa belajar dengan guru prakarya, selanjutnya mempraktekannya sendiri. Sementara itu, masih dalam acara Pensi, sebelumnya para pelajar yang hoby menulis seni grafity juga diberikan ruang untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya.

“Anak-anak sekarang banyak yang hoby corat-coret melakukan seni grafity. Makanya, kami fasilitasi kearah yang positif dengan menyediakan medianya dan memberikan mereka tema tulisan ‘Save Our Earth’ (selamatkan bumi kita),” ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Slamet Afandi,M.Pd, menambahkan, bahwa
kegiatan Pensi ini diharapkan bisa memacu siswa untuk terus peduli terhadap lingkungan. Sehingga kedepannya bisa meminimalisasi sampah yang dihasilkan dari sekolah.

Apresiasi dan motivasi yang disampaikan Plt.Kepala Dinas Pendidikan Tangsel, menurutnya bisa menambah semangat para guru dalam melakukan pembinaan karakter kepada siswa.

“Alhamdulilah kegiatan Pensi ini bisa berjalan baik dan berlangsung sukses. Apresiasi dan motivasi dari Kepala Dinas Pendidikan Tangsel tentunya menambah semangat kami dalam melakukan pembinaan karakter siswa. Dan kegiatan ini merupakan tahap awal menuju SMPN 9 Tangsel yang bebas sampah,” tambahnya.(mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *