SMSI Kabupaten Tangerang: Tangkal Berita yang Mengandung Hoax

oleh -
Pelantikan Ketua dan Pengurus SMSI Kabupaten Tangerang, periode 2020-2023 di Aula PWl Kabupaten Tangerang, Jalan Perintis Kemerdekaan, Cikokol, Kota Tangerang, Sabtu (19/9/2020)

Monitor, Tangerang- Media online memegang peranan penting dalam pers nasional dewasa ini. Tidak hanya karena jumlahnya yang semakin besar tetapi dampaknya terhadap publik juga sangat luas.

Untuk itu, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) harus menjadi filter dan bisa menangkal berbagai berita yang mengandung hoax.

Hal itu diungkapkan Ai Ratna usai dilantik sebagai Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Tangerang periode 2020-2023 di Aula PWl Kabupaten Tangerang, Jalan Perintis Kemerdekaan, Cikokol, Kota Tangerang, Sabtu (19/9/20).

Ai Ratna mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota dan pengurus yang telah mempercayainya untuk memimpin SMSI Kabupaten Tangerang tiga tahun ke depan.

“Alhamdulillah saya dipercayai oleh teman-teman menjadi ketua SMSI Kabupaten Tangerang. Semoga dengan terpilihnya saya sebagai ketua dapat memberikan dampak positif bagi kita semua,” kata Ai Ratna.

Dalam kesemparan itu, Ai Ratna juga mengajak kepada seluruh pengurus SMSI untuk mencegah berita yang mengandung Hoax.

“Mari bersama-sama kita perangi berita bohong, melalui para pemilik media siber yang tergabung di SMSI kita percaya bahwa media kita bisa besar dan bisa menangkal berita-berita hoax,” tutur Ai Ratna.

Ketua SMSI Provinsi Banten, Edi Junaidi mengatakan, dalam mengelola media siber bukan hanya sekedar menaikan berita, tapi juga harus memperhatikan kode etik jurnalistik.

Para pemilik media siber, tambah Edi, juga harus pandai mengelola websitenya, salah satunya melalui google analitik agar bisa memantau pembaca, mengoreksi, serta mendongkrak pendapatan dari bisnis media siber yang dikelolanya.

“Dalam hal membuat berita, wartawan tidak boleh mengadili seseorang, wartawan juga tidak boleh menjadi jaksa dan membenci bahwa seseorang itu berbuat salah, wartawan harus siap menerima koreksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Tini Wartini berharap, SMSI Kabupaten Tangerang, bisa terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk memerangi berita-berita hoax yang beredar ditengah masyarakat.

“Semoga SMSI dan Diskominfo bisa terus bersinergi dalam hal memberikan informasi yang benar dan dapat mengedukasi masyarakat,” kata Tini.

Untuk diketahui, pelantikan Ketua dan pengurus SMSI Kabupaten Tangerang, yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat itu, dilantik langsung oleh Ketua SMSI Provinsi Banten, Edi Junaidi dan dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Tini Wartini serta Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofiyan Safar, dan seluruh anggota SMSI Kabupaten Tangerang.(mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *