Stand DBPR di Tangsel Expo Ramai Pengunjung, Aplikasi LAPOR BANG Diapresiasi

oleh
Aplikasi LAPOR BANG memudahkan masyarakat dan pelaku usaha dalam mendapatkan informasi dan melaporkan pengaduan mengenai bangunan dan tata ruang di Tangsel.

Monitor, Tangsel – Dinas Bangunan dan Penatan Ruang (DBPR) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) turut meramaikan Pameran Pembangunan Tangsel Expo 2019 dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangsel yang ke 11.

Pameran tersebut digelar selama tiga hari di Skadron – 21/Serba Guna Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, mulai tanggal 23-25 November 2019.

Dalam stand DBPR Tangsel dipamarken sejumlah capaian dan progres pembangunan layanan publik di kota termuda di Banten ini. Salah satu yang paling menarik perhatian pengunjung adalah Aplikasi LAPOR BANG milik DBPR Tangsel yang turut dipamerkan. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi pengaduan dan permohonan layanan informasi.

Keberadaan Aplikasi LAPOR BANG ini mendapat respon posisitif dari masyarakat. Mereka memberikan apresiasi, karena dengan adanya Aplikasi LAPOR BANG dapat memudahkan masyarakat dan pelaku usaha dalam mendapatkan informasi dan melaporkan pengaduan mengenai bangunan dan tata ruang di Tangsel.

“Aplikasi LAPOR BANG cukup membantu. Kami bisa mendapatkan informasi langsung terkait pembangunan dan tata ruang di Tangsel lewat aplikasi ini,” ujar Wulan, warga Pondok Aren, Tangsel yang mengaku sengaja datang ke pameran tersebut, Senin (25/11/2019).

Menurut Wulan, selama ini jika ada masyarakat yang ingin mencari informasi maupun melaporkan pengaduan harus langsung datang ke kantor dinas, sehingga banyak yang tak jadi melakukan karena alasan lokasi kantor yang jauh dan memakan waktu.

Stand DBPR Tangsel di Tangsel Expo 2019 ramai pengunjung

“Namun dengan adanya Aplikasi LAPOR BANG ini kami masyarakat dimudahkan, kami bisa mencari informasi dan melaporkan pengaduan kapan saja dan dari mana saja,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Aplikasi LAPOR BANG milik DBPR Tangsel baru diluncurkan pada bulan September 2019. Dengan aplikasi ini, laporan pengaduan maupun permohonan informasi terkait pembangunan di Kota Tangsel yang sebelumnya masih dilakukan secara konvensional dan manual, sekarang sudah menggunakan sistem teknologi.

Aplikasi LAPOR BANG ini sudah bisa diakses melalui laporbang.tangerangselatankota.go.id dan aplikasi ini bisa diakses melalui android.

Sekretaris Dinas Ade Suprizal, menjelaskan pembuatan aplikasi LAPOR BANG untuk meningkatkan sinergitas dan mempercepat pelayanan informasi publik untuk masyarakat Tangsel. Menurutnya, aplikasi ini dibuat tidak hanya untuk proyek perubahan pada diklat PIM saja namun aplikasi ini sangat berguna untuk memberikan informasi terkait bangunan dan tata ruang yang ada di Tangsel.

Dikatakan, semua masyarakat, dunia usaha dan lainnya nantinya akan difasilitasi di LAPOR BANG. Laporan yang bisa dilaporkan atau terkait aduan yakni berupa pengaduan infrastuktur dinas bangunan, baik bangunan perkantoran, maupun non perkantoran, sanitasi, layanan air bersih dan lainnya.

Dijelaskan, nantinya laporan pengaduan dari masyarakat ini akan nge-link ke bidang -bidang yang ada di DBPR Tangsel, sehingga informasi tersebut akan dijawab langsung oleh Bidang-bidang yang ada. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *