Tampung Ratusan Pedagang, Pasar Cisoka Mulai Beroperasi

oleh -
Direktur Operasional Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang, H. Ashari Asmat saat memantau pedangan di Pasar Cisoka

Monitor, Kabupaten, Direktur Operasional Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang, H. Ashari Asmat mengungkapkan, bahwa per 8 September 2021 kemarin, Pasar Cisoka sudah mulai beroperasi di bangunan baru

Ia menjelaskan, jumlah ruang dagang hampir 900 unit dan saat ini pedagang yang sudah mengisi lebih dari 500 pedagang.

“Pasar Cisoka di revitalisasi mulai tahun 2019 dengan investasi murni swasta (bukan APBD),” kata Ashari dalam keterangan pers yang diterima monitortangerang.com, Kamis (9/9/21).

Ashari menegaskan, program revitalisasi pasar rakyat merupakan pelaksanaan dari Undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan, pasal 13 ayat (1), (2) dan (3) yang mengamanatkan bahwa Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melakukan pembangunan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat guna peningkatkan daya saing dalam bentuk pembangunan dan/ atau revitalisasi pasar rakyat; implementasi manajemen pengelolaan yang profesional; fasilitasi akses penyediaan barang dengan mutu yang baik dan harga yang bersaing; dan fasilitasi akses pembiayaan kepada pedagang pasar di pasar rakyat.

“Pasar Cisoka ini, diharapkan menjadi pasar rakyat yang lebih modern dan mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern, sehingga dapat meningkatkan omset pedagang pasar rakyat, dengan tetap tidak meninggalkan ciri khasnya yaitu tawar menawar,” ujar Ashari.

Meski Pasar Cisoka dibangun secara modern, lanjut Ashari, namun ciri khas pasar tradisionalnya dipertahankan, tetap ada tawar menawar, meski semua sudah berkonsep modern.

“Secara fisik kini pasar cisoka sudah lebih modern, bersih, nyaman, dengan penataan stan /zoning yang baik, dan keamanan. Areal parkir yang cukup luas sehingga dapat membuat nyaman pengunjung dan penerapan sistem parkir modern sehingga ada rasa aman,” paparnya.

Dia berharap, Pasar Cisoka yang sudah dibangun ini, dapat menjadi penggerak sektor ekonomi kerakyatan di wilayah setempat yang nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarat.

“Dengan peningkatan kesejahteraan dan roda ekonomi, saya berharap Pasar Cisoka juga mampu memberikan kobtribusi PAD kepada Pemkab Kabupaten,” pungkasnya. (rls/mt02)

Tinggalkan Balasan