Tangsel Bangun Jaringan Air Minum

oleh
Pemkot Tangsel menggelar acara Groundbreaking Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Jum'at (6/10/2017) di Perum Vila Dago Tol, Ciputat .

Monitor,Ciputat – Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama dan financial close bulan Mei 2017, selanjutnya pada Jumat, (6/10/2017), Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan groundbreaking Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Proyek tersebut di kerjakan oleh PT.Bruno sebagai pelaksana. Sementara itu pekerjaan yang masuk dalam proyek strategis dan prioritas Pemkot Tangsel ini akan menjadi babak baru PT.Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS).

Sedari awal pembentukan PT.PITS proyek ini sudah diinisiasi Pemkot Tangsel dan berhasil direalisasikan atas koordinasi dan kerja keras berbagai pihak terkait.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengharapkan proyek ini dapat membantu Pemkot Tangsel di bidang air bersih dan dapat berjalan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati bersama.

”Dalam hal ini kita sedang berusaha bagaimana tugas dan kewajiban untuk masyarakat mendapatkan air bersih. Kewajiban tersebut harus sesuai dengan RPJMD Tangerang Selatan, RPJMD Provinsi dan RPJM Nasional karena pemerintah harus bisa dan mampu menghadirkan sarana dan prasarana air bersih,” kata Airin.

Acara seremonial ground breaking, di Perumahan Villa Dago Tol dipimpin langsung Walikota, Airin dan  dihadiri Pembina BUMD, Direktur Utama PDAM Tirta Kerta Raharja, Direktur PT. PT. PITS, Kepala Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan SETDA, serta Ketua RT/RW, DKM Perumahan Villa Dago Tol dan masyarakat setempat.

Kerjasama PT.PITS dengan PDAM Tirta Kerta Raharja yakni dengan membeli air curah sebanyak 50 liter/detik yang setara dengan 4500 sambungan rumah, dari 50 Liter dapat mensuplai kebutuhan air bersih ke Balaikota Tangerang Selatan.  +/- 2 liter/detik, sisanya bagi masyarakat di sekitaran pusat pemerintahan.

PT.PITS (BUMD) dan PT.BRUNO sebagai pelaksana proyek pembangunan instalasi sambungan pipa ini menelan nilai investasi total sebesar Rp 3 Milyar untuk disambungkan ke PDAM Tirta Kerta Raharja yang merupakan milik Kabupaten Tangerang transmisi, offtake, reservoir, dan jaringan distribusi ke Perumahan Villa Dago Tol.

Berkaitan dengan  itu Direktur PT. PITS Dudung E Diredja juga sedang melakukan pembahasan terkait dengan pembanguan IMTEK di kali angke  yaitu kurang lebih sekitar 200L/detik kalau di total 300L/detik.

“Jika kali Angke konektif dengan kegiatan yang kita bangun maka kebutuhan air bersih untuk Ciputat, Ciputat Timur dan Pamulang dapat terlayani. Jadi total untuk menuju Tangerang Selatan mandiri air bersih membutuhkan kurang lebih 3000L/detik untuk sampai dengan tahun 2021” ujarnya.(mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *