Tangsel Jadi Pilot Project Smart Village

oleh -

Monitor, Tangsel- Pergerakan Indonesia Maju (PIM) besutan Din Syamsudin, akhirnya menetapkan Kelurahan Pondok Ranji, di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi salah satu Desa Cerdas atau Smart Village.

Program tersebut, merupakan proyek nawacita presiden Joko Widodo untuk memajukan masyarakat Indonesia terutama yang berada di daerah-daerah pinggiran.

Din Syamsudin mengatakan, selain desa cerdas pihaknya juga akan melakukan program rumah ALADIN (Rumah Atap Lantai Dinding) dalam waktu dekat ini. Dia juga mengatakan, PIM sebagai salah satu pergerakan masyarakat lintas agama, suku dan gender, bertujuan untuk memajukan masyarakat Indonesia.

“Untuk memajukan masyarakat ini, kita mulai dari lingkungan seperti rumah sederhana layak huni, juga ada program desa maju mandiri,” kata Din saat peresmian Smart Village di Kelurahan Pondok Ranji, Ciputat,Kamis(26/1/2017).

Dia bilang, di tahun 2017 ini PIM telah mematok target 30 desa cerdas yang ada diseluruh Indonesia. Meski demikian, seluruh lokasi tersebut masih dalam proses survey tergantung kepada usulan dewan wilayah dan dewan daerah PIM.

“Kita berharap di pondok Ranji yang kerjasama dengan Pemkot Tangsel jadi model smart Village,” bebernya.

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, pihaknya sejak jauh-jauh hari telah mencanangkan kota pintar di seluruh wilayah yang ada di Tangsel. Akan tetapi, bukan hanya sekedar dari teknologi informasinya tetapi cerdas dari masyarakatnya, dengan keterlibatan dari seluruh elemen masyarakat.

“Sebetulnya program seperti ini masuk program RPJMD dimana kami dalam lima tahun kedepan akan bangun civic center sampai tingkat Kecamatan dengan kepercayaan dari PIM maka akan dipertajam kembali sampai Kelurahan,” singkat Airin.

Tak hanya Ketua PIM saja yang berkunjung ke Kelurahan Pondok Ranji, Ciputat Timur tersebut, akan tetapi, sejumlah menteri yang terdiri dari Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, ‎Eko Putro Sandjojo serta Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Siti Nurbaya, juga ikut meresmikan Pondok Ranji menjadi kelurahan smart village(mt04)

Tinggalkan Balasan