Teknologi Cloud Penting Sebagai Media Pembelajaran Dimasa Pandemi

oleh -
Kegiatan PKM Unpam dengan tema Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Cloud Sebagai Media Pembelajaran Kegiatan PKM Unpam dengan tema Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Cloud sebagai Media Pembelajaran

Monitor, Tangsel,- Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia telah merubah prilaku hidup masyarakat, termasuk sektor pendidikan yang memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau melalui daring.

Untuk melaksanakan pembelajaran via online tersebut membutuhkan pengetahuan teknologi karena harus menggunkan perangkat. Untuk itu, mahasiswa dari Universitas Pamulang (Unpam) menadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Cloud Sebagai Media Pembelajaran.

Kegiatan PKM tersebut, digelar di Yayasan Kebahagiaan Anak Bangsa yang beralamat di Pondok Benda Kota Tangerang Selatan, baru-baru ini.

“Kegiatan ini kami maksudkan untuk membimbing dan melakukan pengajaran tentang bagaimana cara menggunakkan teknologi cloud storage/penyimpanan online.Selain mengajarkan kami juga membimbing dan menyediakan laptop untuk adik-adik agar dapat melakukan praktek langsung dengan apa yang diajarkan,” kata Dosen Pembimbing dari Unpam, Irpan Kusyadi dalam keterangannya, Jumat (15/10/21).

Ia menjelaskan, bahwa Cloud storage merupakan media penyimpanan berbasis online dimana sebuah data dapat disimpan secara online.

Untuk mengaksesnya, tambah Irpan, kita memerlukan gadget yang mendukung cloud storage dan jaringan internet.

“Pada era teknologi yang pesat ini, tentu cloud storage sudah beragam banyak jenisnya. Berikut beberapa media cloud storage yang sudah cukup familiar dan gratis : Google Drive, I Cloud, OneDrive, Dropbox,” jelasnya.

Kata Irpan, pada masa pandemi saat ini baik itu pekerjaan dan pembelajaran harus dilakukan secara online, untuk itu penggunaan media cloud storage sangat membantu dalam hal penyimpanan online karena sistem yang digunakan sudah sepenuhnya online dengan begitu meminimalisir kehilangan data pada penyimpanan lokal dan serangan virus.

Cloud storage juga memiliki media file sharing data dengan hanya beberapa klik kita dapat membagikan data dengan mudah dan untuk meminimalisir cabut coloknya media penyimpanan lokal seperti : flashdisk, hardisk eksternal, dll.

“Mengirimkan data melalui media offline ditakutkan akan menyebarnya virus dari satu media ke media lain yang dapat menyebabkan rusaknya file. Begitu banyak kemudahan yang kita dapatkan dalam menggunakkan cloud storage sebagai media penyimpanan online,” katanya.

Sedianya, kkegiatan PKM yang digelar Universitas Pamulang tersebut, disambut hangat oleh peserta yang sangat antusias mengikuti acara tersebut.

“Kegiatan PKM ini dihadiri oleh kurang lebihnya 25 peserta dari jenjang pendidikan SMP dan SMA. Selama kegiatan berlangsung kami juga merasa bersyukur karena para peserta dapat menjawab beberapa pertanyaan yang kami ajukan dengan itu kami merasa ilmu yang kami salurkan dapat diterima dengan baik,” paparnya. (mt02)

Tinggalkan Balasan