Walikota Airin ‘Pamer’ Penghargaan dan Capaian di HUT Tangsel ke-10

oleh -
Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany

Monitor, Tangsel –¬†Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, menyampaikan sejumlah pencapaian dan penghargaan yang diraih pemerintah Kota Tangsel selama kepemimpinannya. Hal itu disampaikan Airin saat Rapat Paripurna Istimewa dedikasi satu dekade, di Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-10 Kota Tangerang Selatan (Tangsel), yang digelar di Aula Gedung DPRD Tangsel, di wilayah Kecamatan Setu, Senin (26/11).

Pada kesempatan itu, Airin menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat dan stake holders atas pencapaian yang sudah diraih Kota Tangsel selama ini.

Airin menyebutkan, di tahun ini, penghargaan yang telah diraih yakni, penghargaan pemerintah kota dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik bidang Koperasi dan UMKM dari kementerian Koperasi dan UMKM, Kota Layak Anak (KLA) terbaik untuk kategori madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penghargaan Karya Dharma Bhakti dari Kementerian Hukum dan HAM dan penghargaan Natamukti Nindya dari Kementerian UMKM.

Selain itu, pencapaian dalam konteks indikator makro, secara garis besar, selama satu tahun ini terdapat peningkatan atau pertumbuhan positif. Hal tersebut dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 80,84, yang merupakan angka paling tinggi di Provinsi Banten, dengan rata-rata Lama Sekolah sebesar 11,77, Angka Harapan Lama Sekolah sebesar 14,39, Angka Harapan Hidup sebesar 72,16, dan Daya Beli sebesar 15,29 Juta Rupiah.

Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) terjaga di atas rata-rata provinsi dan nasional, yaitu mencapai 7,43 persen di tahun 2017, Produk Domistik Regional Bruto (PDRB) per kapita mencapai 41,53 juta rupiah, tingkat pengangguran sebesar 6,8 persen, tingkat kemiskinan terjaga dibawah 2 persen, yaitu sebesar 1,76 persen di tahun 2017, dan merupakan tingkat kemiskinan terendah di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

“Hal lain yang terus kita upayakan untuk meningkat adalah besaran APBD. Pada tahun anggaran 2018, besaran APBD berada pada angka 3,57 triliun rupiah. Untuk rencana tahun anggaran 2019 yang sedang dalam proses pembahasan. Angka tersebut akan diupayakan untuk meningkat menjadi 3,61 triliun rupiah,” kata Airin.

Kemudian pada sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), Tangsel juga akan mengupayakan untuk terus terjadi peningkatan, ditahun tahun anggaran 2019 adalah sekitar 1,59 trilyun rupiah, atau meningkat dari angka di Tahun Anggaran sebelumnya yang mencapai 1,45 Trilyun Rupiah. “Mari kita terus berupaya bersama dan tentunya juga berdoa agar kota yang kita cintai ini, dengan semakin bertambahnya usia, dapat menjadi kota yang lebih baik lagi, kota yang dapat memenuhi apa yang menjadi harapan dan keinginan warganya,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Tangsel Moch Romlie tidak memberikan banyak komentar selain menginginkan Tangsel dapat melaju semakin pesat. “Semoga Tangsel semakin sukses,” pungkasnya. (mik)

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.