Warga Kp Pisang Sukatani Tangerang Gelar Peremajaan RT/RW, Proses Pemilihan Dilakukan Layaknya Pilpres

oleh
Proses peremajaan Ketua RT RW yang digelar di lapangan futsal RT 03 itu, berlangsung layaknya pemilihan presiden (pilpres).

Monitor, Kota- Ada yang tidak biasa dalam peremajaan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan (Rukun Warga) RW 10, Kampung Pisang Sukatani, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Minggu (14/10/2018).

Proses peremajaan Ketua RT RW yang digelar di lapangan futsal RT 03 itu, berlangsung layaknya pemilihan presiden (pilpres). Biasanya, peremajaan berlangsung sederhana dan di tempat sederhana pula seperti di kediaman tokoh masyarakat. Namun di lingkungan RW 10 ini, panitia membuat tempat pemungutan suara (TPS), dengan tenda, papan daftar pemilih tetap (DPT), bilik suara, kertas suara yang bergambar pasangan calon, undangan C1, serta tinta celup.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT/RW, Ajuk mengatakan, konsep pemilihan ini sebagai proses pembelajaran pemilu yang sesungguhnya. Dan peremajaan ini sengaja dilakukan mengingat SK Ketua RT RW sudah habis dan waktunya bersamaan.

“Di RW 10 ini terdiri dari empat RT, semua masa baktinya telah habis. Jadi sesuai arahan dari pihak kelurahan harus ada peremajaan, makanya kami lakukan pemilihan ini secara serentak,” kata Ajuk di sela-sela acara, Minggu (14/10/2018).

Dalam pemilihan ini, kata dia, masing-masing RT dan RW memiliki dua calon kandidat, kecuali untuk lingkungan RT 04 yang hanya diikuti oleh satu orang kandidat alias calon tunggal.

“Jadi khusus lingkungan RT 04 warganya hanya memilih calon ketua RW saja, sebab untuk pemilihan ketua RT nya (incumbent) dilakukan secara aklamasi dan secara otomatis kembali memimpin lingkungan selama tiga tahun kedepan,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, warga terlihat sangat antusias dalam pemilihan Ketua RT RW tersebut. Warga nampak memadati lokasi pemilihan dari pagi hari dan tidak beranjak dari tempat pemilihan sampai acara selesai. Bahkan, suasana pemilihan RT dan RW itu semakin meriah ketika setiap hasil penghitungan suara calon yang mereka usung unggul, langsung disambut dengan serentetan dentuman suara petasan.

“Saya berharap pada ketua RT RW terpilih agar sedianya lebih meningkatkan kembali pelayanan kepada masyarakat. Jalin terus silaturahmi serta bangun sinergitas dengan pemerintah,” ujar Ajuk.

Dari hasil pemilihan tersebut keluar nama-nama pemenang sebagai berikut, yakni Ketua RT 01 dijabat oleh Ceng Giok, Ketua RT 02 dijabat oleh Awi, Ketua RT 03 dijabat oleh Antoni bin Rohim, dan untuk Ketua RT 04, Rojali terpilih kembali secara aklamasi. Sedangkan untuk ketua RW dimenangkan oleh incumbent, yakni Mursidi alias Ambon.

“Dan bagi yang tidak terpilih mari kita guyub, karena menurut saya untuk berbakti pada masyarakat tidak harus menjadi ketua RT atau RW. Mari kita sama-sama membangun lingkungan kita menjadi lebih baik,” tukasnya. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *