Woow…PSU di Babakan Asem, WH-Andika Unggul di 9 TPS

oleh -

Monitor, Kab. Tangerang- Suara terbanyak pada PSU (pemungutan suara ulang) di Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu (19/2/2017) kembali diraih pasangan calon (Paslon) Gubernur Banten nomor urut satu, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy (WH-Andika).

Dari 15 TPS yang ada di desa tersebut dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 7.462, pasangan WH-Andika memperoleh 2.363 suara. Sedangkan, Paslon nomor urut dua yakni Rano Karno-Embay Mulya Syarif (Rano-Embay) mendapat 1965 suara.

Seperti diketahui, pasangan calon nomor urut satu WH-Andika sebelumnya juga memenangkan perolehan suara yakni 2.054 suara dan Rano-Embay(nomor urut 2), 1.756 suara.

Bahkan, PSU yang dilakukan nyatanya, meningkatkan jumlah partisipan pemilih sebelumnya. Jumlah partisipan hanya 3.810 orang. Sedangkan, pada PSU ini jumlah partisipan mencapai 4.143 orang.

“Ya, setelah kita lakukan pantauan, semua berjalan kondusif. Bahkan, jumlah partisipan meningkat sekitar 4,65 persen,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Achmad Jamaludin, Minggu.

Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) nantinya juga akan melakukan penghitungan kembali terhadap perolehan suara masing-masing calon.

“Saat ini dibawa ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dulu dengan pengamanan dan pengawas ketat. Supaya, tidak terjadi kesalahan lagi. Kemudian, dibawa ke kecamatan untuk dilakukan perhitungan ulang,” tambah Ahmad Jamaludin.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi Banten, Pramono U Tanthowi mengakui, adanya tindakan kelalaian yang dilakukan pihak PPS dan Panwascam sehingga dilakukan PSU ulang di 15 TPS Desa Babakan Asem.

“Ya, kita akui ada kelalaian yang dilakukan PPS dan Panwascam. Karena, pada saat kotak suara di Desa tidak ada pengawasan. Maka, terjadilah pembukaan secara ilegal,” ujarnya.

Saat ini, sambung Pramono, pihaknya melakukan pengamanan ketat terhadap proses perhitungan suara.

“Sekarang kita lebih ketat pengamanannya, mulai dari proses kedatangan surat C1 di Kantor Desa Babakan Asem sampai mulai perhitungan atau rekapitulasi di Kecamatan Teluk Naga. Kami harapkan pula, proses PSU ini berjalan dengan lancar,” terangnya.

Meski belum dilakukan rapat pleno  tingkat Desa, namun  pantauan dilapangan, suara WH – Andika unggul di 9 TPS dari total 15 TPS dan suara Rano Embay hanya unggul di 6 TPS.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Tangerang, Aditya Wijaya saat ditemui di PPS Desa Babakan Asem mengapresasi kinerja tim pemenangan paslon WH – Andika.

“Saya sudah prediksikan hasil suara PSU di Desa Babakan ini tidak berubah secara signifikan,” ucapnya.

Sementara itu, Politisi asal PKB, Ahmad Baedowi mengapresiasi kinerja Panitia pada PSU di Desa Babakan ini, menurut pria asli Kecamatan Teluknaga ini, pada PSU di Desa Babakan dapat berjalan lancar.

“Kami partai koalisi pendukung WH – Andika berterimakasih kepada warga Desa Babakan Asem, karena PSU ini berjalan lancar,” kata Baedowi. (mt04)

Tinggalkan Balasan