YAAI Gandeng Kipina Bangun TK Berkurikulum Internasional

oleh -

Monitor, Tangsel – Yayasan Akademi Anak Indonesia (YAAI) menggandeng Kipina membangun Taman Kanak-kanak (TK) dengan pendekatan kurikulum Finlandia. Rencananya dalam kurun waktu empat tahun kedepan akan membangun lebih dari 10 cabang di seluruh Indonesia.

Untuk diketahui YAAI adalah badan khusus yang dibentuk oleh pakar pendidikan Indonesia, yang dipimpin oleh Sudino Lim. YAAI akan bekerja sama dengan beberapa pengembang property untuk membangun kampus-kampus baru.

“Kami ingin menciptakan sekolah yang lain dari yang lain, dengan system pedagogi yang sudah teruji, standar internasional dan program kerja jangka panjang. Kipina memungkinkan kita untuk mempunyai otonomi terhadap materi pembelajaran, meningkatkan sumber daya guru dan pendidik, dan menghargai kearifan local,” ujar Pak Lim dalam keterangan yang diterima Senin (2/11/2020).

Ia melanjutkan bahwa selama masa persiapan ini pihaknya bekerja sama dengan erat untuk memastikan kesiapan anak menyongsong lingkungan Sekolah Dasar dan Menengah di Indonesia. Salah satu alasan mengapa memilih dan sependapat dengan Kipina adalah komitmen terhadap lingkungan yang super aman, super bersih dan super higenis.

“Seluruh area disiapkan untuk mencapai standar kebersihan dan sterilisasi internasional, penggunaan perabotan kayu alam, dan pemantauan suhu tubuh bagi murid dan karyawan dua kali sehari serta dengan System Sterilisasi Sinar UV setiap 24 jam. Hal ini akan terasa semakin penting di masa pandemik Covid 19 seperti ini,” ujarnya.

Sementara Managing Director Kipinä, Kieran Galvin mengatakan Kipinä Indonesia akan hadir di masyarakat dengan daya beli menengah. Sehingga dapat dijangkau oleh banyak lapisan masyarakat.

“Meski kebanyakan sekolah internasional menargetkan pada kalangan WNA atau masyarakat ekonomi mapan, kami lebih memilih YAAI karena mereka mempunyai komitmen untuk membawa perubahan baik pada system pendidikan di segmen yang lebih luas,” katanya.

Adapun dalam proses pembelajaran Kipinä menggunakan pendekatan kurikulum Finlandia berdasarkan National Core Curriculum for Early Childhood Education and Care, dengan tambahan-tambahan elemen yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia. Hal ini mencakup: Focused Instruction Methodolgy (metodologi instruksi terfokus), 21st Century Skills (keterampilan abad 21) and Executive Functioning Skill (keterampilan fungsi eksekutif) bagi anak-anak.

Untuk saat ini Kipina mempunyai beberapa jaringan sekolah dan Kerjasama di 14 negara, terutama di wilayah Timur Tengah, Afrika Utara dan Eropa Timur. Kipinä juga membuka cabang sekolah di Vietnam pada Agustsu 2020 bekerja sama dengan ILA. Nantinya Kipinä berencana akan berekspansi ke India, negara-negara ASEAN dan China.

Kipinä bermitra dengan Häme University of Applied Science akan menyediakan pelatihan bersertifikasi bagi para guru dengan kurikulum pedagogi Finlandia melalui program khusus yang diperuntukkan bagi guru-guru asing yang bekerja sama dengan Kipinä.(bli)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.